Informasi Haid, Datang Bulan, Menstruasi, Kewanitaan.

Thursday 17 July 2014

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Nyeri Haid

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Nyeri Haid - Terjadinya kram pada perut juga rasa nyeri adalah gejala umum yang menyertai siklus menstruasi atau datang bulan. Nyeri saat haid terjadi karena peningkatan kontraksi dari otot uterus atau rahim untuk mengeluarkan sel telur yang tidak mengalami pembuahan atau ovulasi. Bagi beberapa wanita yang mengalami nyeri saat haid biasanya memilih mengkonsumsi jamu atau minuman tertentu untuk meredakan rasa nyeri.

Apabila Anda juga termasuk orang yang mengalami masalah serupa ada cara sederhana yaitu menghindari beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan intensitas nyeri agar tidak terasa semakin parah. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika nyeri haid.

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Nyeri Haid
Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Nyeri Haid

Makanan dengan bahan baku cokelat

Sama seperti kopi makanan yang menggunakan bahan baku coklat juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kafein sendiri bisa menyebabkan dehidrasi karena penggunaan cairan oleh tubuh meningkat juga memperparah nyeri haid karena peningkatan produksi otot uterus.

Membatasi konsumsi susu

Selain memiliki banyak kalsium di dalam susu juga terkandung asam arachadonic dimana zat tersebut bisa mempengaruhi peningkatan produksi zat prostaglandin. Prostaglandin sendiri memiliki efek peningkatan kontraksi otot uterus juga otot perut meningkatkan resiko terjadinya kram dan nyeri haid.

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 karena membantu dalam pelepasan prostaglandin.

Kurangi makan gorengan

Jenis makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging merah, minyak, termasuk gorengan bisa meningkatkan produksi hormon estrogen. Hormon estrogen sebenarnya aktif ketika terjadi haid atau datang bulan tetapi apabila jumlahnya meningkat secara drastis dan terjadi dalam waktu singkat maka efeknya adalah terjadi kram perut dan nyeri haid.

Hindari makan permen

Permen yang patut dihindari adalah yang memiliki tinggi kandungan gula atau glukosa. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi glukosa bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah dan menyebabkan kondisi tubuh cepat merasa lelah padahal di satu sisi membutuhkan banyak stamina untuk aktivitas organ reproduksi. Situasi inilah yang membuat kondisi tubuh semakin menurun. Memang tubuh membutuhkan asupan gula namun tidak baik bagi kesehatan jika jumlahnya tinggi dan dalam waktu singkat.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika nyeri haid bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan menghindari tubuh dari kelelahan di masa menstruasi atau datang bulan.

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Nyeri Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin