Informasi Haid, Datang Bulan, Menstruasi, Kewanitaan.

Wednesday 16 July 2014

Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur

Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur - Kaum wanita yang sedang memasuki usia peralihan atau usia pubertas maka dipastikan akan mengalami haid atau menstruasi. Setiap wanita memiliki siklus haid atau datang bulan yang berbeda tetapi secara umum memiliki rata-rata siklus datang bulan 28 hari. Secara umum rentan waktu siklus haid adalah 21 sampai 30 hari.

Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur
Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur

Meskipun datang bulan atau haid memiliki siklus rutin bulanan namun terkadang beberapa wanita mengalami masalah haid tidak teratur sehingga perlu diketahui beberapa faktor penyebab haid tidak teratur.

Terjadinya pembuahan

Salah satu faktor penyebab haid tidak teratur adalah setelah terjadinya pembuahan indung telur di dalam ovarium yang dalam bahasa sehari hari disebut kehamilan. Haid tidak teratur biasanya terjadi pada masa masa awal kehamilan namun ini tidak berlaku bagi semua individu.

Masa menjelang menopause

Ketika memasuki masa premenopause atau menjelang berakhirnya masa subur umumnya juga akan mengalami masalah haid tidak teratur. Situasi ini adalah kondisi normal jadi tidak memerlukan perawatan khusus atau obat obatan tertentu pelancar haid.

Penggunaan kontrasepsi

Beberapa jenis kontrasepsi bisa menjadi faktor penyebab haid tidak teratur umumnya adalah kontrasepsi jenis pil atau pil KB. Selain pil KB jenis kontrasepsi yang diberikan secara injeksi atau suntik juga bisa menyebabkan haid tidak teratur yang diberikan setelah menjalani proses melahirkan.

Perubahan berat badan

Perubahan berat badan secara drastis baik peningkatan maupun penurunan juga bisa menjadi faktor penyebab haid tidak teratur. Secara fisiologis ketika terjadi perubahan berat badan secara drastis bahkan akan mempengaruhi hormon kewanitaan juga mempengaruhi kinerja hormon tiroid.

Stress fisik dan psikologis

Stres tidak hanya terjadi pada psikologis manusia tetapi juga pada fisik. Ketika tubuh mengalami kelelahan baik secara fisik maupun psikologis akan terjadi peningkatan juga penurunan kinerja dari hormon tubuh dan hal ini menjadi faktor penyebab haid tidak teratur.

Itulah beberapa faktor penyebab haid tidak teratur - Cara Mengurangi Nyeri Haid Dengan Mengatur Pola Makan.

Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin