Informasi Haid, Datang Bulan, Menstruasi, Kewanitaan.

Sunday 20 July 2014

Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid

Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid - Proses menstruasi atau datang bulan dipengaruhi oleh sistem kerja hormon khususnya hormon estrogen. Hormon estrogen disebut juga hormon kewanitaan karena memang hanya kau wanita yang memiliki jenis hormon ini. Siklus menstruasi sangat bergantung pada hormon estrogen meskipun beberapa faktor juga ikut mempengaruhi.

Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid
Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid

Salah satu faktor yang berperan dalam siklus menstruasi adalah kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang letaknya ada di bagian leher, apabila kelenjar tiroid mengalami pembesaran maka akan terlihat membengkak atau dalam bahasa indonesia disebut dengan penyakit gondok.

Ada hubungan antara darah haid tidak teratur dengan terjadinya gangguan pada kelenjar tiroid karena secara langsung haid tidak teratur bisa disebabkan penyakit kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid secara umum memproduksi hormon tiroid yang memiliki fungsi mengatur berbagai sistem tubuh seperti kerja jantung dan proses sirkulasi darah selain itu kelenjar tiroid juga berkaitan dengan produksi dan kerja dari hormon estrogen.

Ketika hormon estrogen berada di bawah batas normal maka akan mengganggu siklus haid atau menstruasi, haid bisa menjadi tidak teratur atau tidak lancar. Situasi ini perlu diperhatikan ketika haid tidak teratur mungkin saja terjadi gangguan atau penyakit kelenjar tiroid sehingga sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan medis terkait masalah ini.

Jadi sangat perlu diwaspadai karena haid tidak teratur bisa disebabkan penyakit kelenjar tiroid - Darah Haid Bukan Darah Kotor.

Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin