Informasi Haid, Datang Bulan, Menstruasi, Kewanitaan.

Sunday 20 July 2014

Faktor Penyebab Darah Haid Keluar Sedikit Atau Banyak

Faktor Penyebab Darah Haid Keluar Sedikit Atau Banyak - Sudah sangat wajar bagi kaum wanita mempersiapkan berbagai kebutuhan ketika menjelang datang bulan atau menstruasi karena ketika siklus bulanan tersebut datang secara fisiologis akan ada darah haid keluar dari uterus atau rahim. Setiap wanita memiliki jumlah darah haid yang berbeda beda, ada yang volumenya banyak ada juga yang sedikit.

Faktor Penyebab Darah Haid Keluar Sedikit Atau Banyak
Faktor Penyebab Darah Haid Keluar Sedikit Atau Banyak

Ada beberapa faktor penyebab darah haid keluar sedikit atau banyak salah satunya adalah adanya kelainan pada ovarium atau rahim yang memiliki ukuran kecil dalam bahasa medis disebut hipoplasia. Karena ukurannya yang kecil maka jumlah darah haid yang keluar tentu akan sedikit juga.

Selain itu ada juga faktor lainnya yaitu terjadinya gangguan hemofilia atau penyakit kelainan pada pembekuan darah dimana darah tidak mampu melakukan pembekuan secara baik maka terjadilah proses perdarahan yang berlangsung lebih lama dari waktu normal mengakibatkan darah haid keluar lebih banyak.

Sedikit atau banyak darah haid yang keluar juga bisa diperbaharui boleh fisiologis dari individu itu masing masing seperti stres yang bisa menjadi penyebab haid tidak teratur begitu juga darah haid yang keluar tidak lancar.

Bagi sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi dengan darah haid keluar sedikit biasanya di sana terjadi penebalan dinding uterus atau rahim sehingga ketika terjadi pengikisan dalam proses menstruasi darah yang keluar tidak terlalu banyak.

Pola makan juga bisa menjadi faktor penyebab darah haid keluar sedikit atau banyak, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak hormon estrogen seperti keju, susu, dan makanan tinggi lemak mengakibatkan peningkatan jumlah hormon estrogen sehingga menyebabkan darah haid yang keluar juga lebih banyak.

Secara fisiologis sebenarnya tidak ada masalah ketika darah haid keluar sedikit atau banyak dalam batas normal yang paling penting adalah siklus haid teratur. Itulah beberapa faktor penyebab darah haid keluar sedikit atau banyak.

Haid Tidak Teratur Bisa Disebabkan Penyakit Kelenjar Tiroid

Faktor Penyebab Darah Haid Keluar Sedikit Atau Banyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin