Informasi Haid, Datang Bulan, Menstruasi, Kewanitaan.

Thursday 17 July 2014

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid - Ada beberapa kasus pernah dialami oleh sebagian wanita dimana terjadi situasi terlambat datang bulan atau haid dalam beberapa hari atau minggu tetapi tetap mengalami nyeri atau kram perut. Masalah seperti ini seharusnya diwaspadai karena mungkin saja merupakan tanda gejala dari masalah kesehatan yang cukup serius.

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid
Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kram perut ketika tidak haid atau menstruasi diantaranya:

Kista ovarium

Kista ovarium adalah salah satu penyakit kewanitaan yang ditandai dengan munculnya kantung-kantung kecil yang di dalamnya terkandung cairan, kantung-kantung tersebut menempel di dinding ovarium atau rahim. Selain kista ovarium kista lutetium corpus yang sudah besar juga bisa menyebabkan terjadinya kram perut meskipun tidak haid.

Kanker rahim

Kanker rahim atau yang dalam bahasa medis disebut kanker ovarium merupakan salah satu penyakit kewanitaan dengan angka kematian tertinggi. Pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan terjadinya kram perut dan nyeri pada daerah perut. Ini perlu diwaspadai ketika terjadi kram tidak seperti biasanya di luar jadwal haid atau datang bulan.

Hipersensitifitas imun

Penyakit hipersensitivitas imun adalah kondisi dimana sistem imun tubuh terlalu sensitif atau peka terhadap gen yang ada di dalam tubuh. Ini menyebabkan sistem imun menyerang gen dalam tubuh yang dianggapnya sebagai musuh, situasi ini bisa menyebabkan terjadinya inflamasi juga kerusakan kepada ovarium. Selain itu juga menimbulkan gejala kram perut dan bahkan bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Kekurangan cairan juga elektrolit

Tubuh membutuhkan cairan untuk proses metabolisme disaat terjadi dehidrasi masa proses tersebut terganggu dan sistem kerja organ kewanitaan juga otot perut terganggu. Elektrolit juga menjadi kunci dari kerja otot, kekurangan elektrolit seperti natrium dan kalium bisa memicu terjadinya kram perut.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya kram perut ketika tidak haid - Cara Meredakan Nyeri Kepala Saat Haid.

Faktor Penyebab Terjadinya Kram Perut Ketika Tidak Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin